Nggak Perlu Mahal, Inilah Gadget Tangguh Andalan Content Writer

 Gadget Content Writer

“Alah, cuma nulis-nulis doang, apa susahnya?”

“Memangnya, kalau menulis, bisa dapat apaan?”

Ucapan-ucapan diatas sering saya terima ketika menyebutkan kata ‘Content Writer’. Kegiatan menulis masih dianggap remeh banyak orang sebagai pekerjaan yang tidak memiliki prospek dan jenjang jabatan yang jelas.

Padahal, selain bisa bekerja sendiri (freelance), banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga penulis konten untuk mempromosikan barang atau jasanya kepada masyarakat. Saya sendiri pernah bekerja sebagai content writer di sebuah perusahaan.

Banyak orang yang mengira bahwa pekerjaan menulis ini terlampau mudah. Nyatanya, selain harus memiliki keahlian merangkai kata yang baik. Perlu adanya dukungan modal lain dalam menulis yakni gadget mumpuni. Nah, kira-kira gadget seperti apa yang cocok digunakan seorang content writer?

Mengulas Gadget Murah Kebanggaan Content Writer

ASUS K46CA dan Samsung Galaxy M12

Membicarakan gadget yang saya gunakan untuk menulis, sebenarnya cukup sederhana. Saya hanya memanfaatkan dua jenis gadget, yaitu laptop dan smartphone. Dua gadget ini juga tidaklah mahal, tetapi bisa mendukung pekerjaan menulis saya menjadi lebih profesional.

Pemilihan jenis gadget bagi saya tidak hanya sekadar untuk bersenang-senang atau berselancar di media sosial saja. Namun gadget milik saya harus multifungsi dan multitasking agar bisa membuat pekerjaan sehari-hari lebih mudah serta efisien. Lalu, inilah rekomendasi dua merek gadget andalan saya.

Laptop ASUS K46CA

Spesifikasi ASUS K46CA

Saya membeli laptop ini pada tahun 2015 dan masih bertahan sampai saat ini. Walaupun tergolong udzur, di usianya yang menginjak angka hampir 6 tahun. Tidak perlu diragukan lagi bahwa laptop keluaran ASUS ini cukup awet dengan harga 3 jutaan rupiah.

Tampilan Fisik Terkesan Mewah

Laptop ASUS K46CA

Laptop ASUS sudah dikenal selalu menghadirkan produk dengan desain elegan. Perpaduan warna hitam dan silver membuat ASUS K46CA tidak terlihat seperti laptop murahan. Sentuhan keyboard dan touchpad-nya juga menambah kesan menyenangkan ketika digunakan.

Ketika melihat sisi kanan, laptop ini memiliki dua port USB 2.0, satu lagi port headset/mic/speaker, dan optical drive di sisi kanan. Kemudian pada sisi kiri terdapat satu port USB 3.0, Ethernet Card, HDMI, dan VGA. Sementara di bagian depan, terdapat slot kartu SD/micro SD.

Kinerja Mantap

CorelDRAW di ASUS K46CA
Membuka CorelDRAW di ASUS K46CA

Walau masih menggunakan jenis prosesor Intel Core i3 Ivy Bridge dan RAM 2GB, ASUS K46CA masih terbilang cukup handal digunakan untuk desain grafis. Laptop ini masih bisa saya ‘paksa’ meski membuka aplikasi berat seperti Adobe Photoshop dan CorelDRAW. Bahkan belajar pemrograman web menggunakan Visual Studio Code untuk blog pribadi, laptop ini juga setia menemani.

Kapasitas harddisk yang mencapai 500 GB, lebih dari cukup bagi saya untuk menyimpan foto dan video semasa sekolah hingga kuliah. Namun, karena kesalahan sendiri yang lebih memilih menggunakan sistem operasi Windows 8.1 32 Bit, kinerja laptop ini sedikit lebih lambat.

Programming di ASUS K46CA
Programming di ASUS K46CA

Kalau soal kamera, jangan ditanya lagi, sebab kamera di atas layar laptop ini sebagai ‘pajangan’ saja. Untuk kegiatan rapat online, sangat tidak disarankan untuk menggunakannya. Lebih baik tambahkan webcam. Sementara kapasitas baterainya yang mencapai 4 Cell 2950 mAh, bisa membuat saya lebih hemat listrik tanpa perlu sering-sering mencari stop kontak.

Samsung Galaxy M12

Samsung Galaxy M!2
Saat kata-kata tidak jelas, maka saya akan lebih fokus kepada foto.” – Ansel Adams –

Apa yang dikatakan fotografer asal Amerika Serikat itu bukan tanpa alasan. Sebab, seperti yang kita ketahui bahwa mayoritas masyarakat Indonesia termasuk golongan orang yang malas membaca (peringkat 62 dari 70 negara menurut PISA tahun 2015). Oleh karena itu, penting sekali keberadaan sebuah gambar, foto, ilustrasi, atau infografik dalam tulisan, termasuk konten.

Dalam menulis, content writer tidak hanya berpaku pada pedoman penggunaan kalimat yang sesuai kaidah EYD. Namun seorang penulis konten juga harus menyajikan tulisan segar dengan ilustrasi menarik. Karena menurut hemat saya, “foto dapat menggambarkan secara ringkas sebuah tulisan”. Sehingga peranan gadget untuk menghasilkan foto yang ciamik, mutlak adanya.

Pilihan saya terhadap gadget yang berfungsi untuk menghasilkan tampilan visual pada tulisan, jatuh kepada Samsung Galaxy M12. Brand smartphone kenamaan dari Korea Selatan ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Ponsel saya ini tergolong baru, sebab saya membelinya pada Juni 2021. Dengan harga Rp 1.899.000, saya bisa mengantongi Samsung Galaxy M12.

Walaupun tergolong entry level, spesifikasi Samsung Galaxy M12 cukup untuk menunjang pekerjaan seorang content writer. Dilansir dari Carisinyal, berikut ini rincian spesifikasi Samsung Galaxy M12.

Spesifikasi Samsung Galaxy M12

Kesan Pertama

Samsung Galaxy M1 Terbaru

Kebetulan saat itu, saya tertarik dengan warna black. Sayangnya stok sedang kosong, karena penjualan yang membludak. Alhasil saya harus legowo untuk menerima warna green.  

Saat melihat tampilan luar Samsung Galaxy M12, seketika mengingatkan saya kepada koper. Bagi sebagian orang, desainnya mungkin tidak terlalu menarik. Namun menurut saya, walaupun kurang terlihat keren, smartphone ini cukup gahar di kelasnya.

Meskipun kamera depannya masih mengusung desain waterdrop. Ponsel ini sudah menawarkan 4 kamera belakang yang mungkin nampak ‘wah’ bagi orang yang sekilas melihatnya. Apalagi jika mengetahui harganya yang tidak sampai 2 juta rupiah.

Layarnya yang sangat lebar, begitu memudahkan saya untuk mengambil foto atau video. Walau bezel di bagian bawah tergolong besar, hal ini tidak terlalu mengganggu pekerjaan saya. Sayangnya, smartphone ini cukup berat dan melelahkan jika digenggam terlalu lama.

Baterai Super Awet

Alasan terbesar saya menjatuhkan pilihan kepada ponsel ini karena keberadaan baterai yang mencapai kapasitas 5000 mAh. Tidak perlu khawatir lowbat saat berkegiatan mengetik atau edit foto untuk konten. Sebab menurut klaimnya, Samsung Galaxy M12 bisa bertahan pada penggunaan selama 2 hari.

Ponsel ini juga telah menggunakan Port USB Type-C fast charging 15W. Sehingga, dengan sisa baterai 40%, hanya memerlukan waktu sekitar 1,5 jam untuk mengisi daya hingga 100%.

Kamera Berkualitas

Kamera Samsung Galaxy M12

Nah, ini dia jawara spesifikasi dari Samsung Galaxy M12. Baik kamera bagian depan dan bagian belakang, keduanya sudah sangat menunjang untuk digunakan memotret objek gambar konten. Bahkan ponsel ini juga dibekali dengan mode Portrait, Makro, Food, Panorama, dan Pro. Ada beberapa pilihan ukuran foto yang ditawarkan dan bisa dipilih sesuai kebutuhan mulai dari 1:1, 3:4, 9:6, dan full layar.

Sayangnya, untuk kualitas video yang dihasilkan cenderung biasa saja. Hanya menyajikan video sebesar 30 Full HD. Selain itu, ponsel ini juga belum dibekali gimbal, sehingga goncangan masih sangat terlihat jelas.

Editing Foto dan Video Untuk Konten Jadi Lebih Mudah

Kebetulan saya adalah orang yang malas jika harus mengedit foto dan video di laptop. Karena harus memindahkan file menggunakan kabel data dengan proses yang terbilang lama. Sehingga lebih banyak memanfaatkan aplikasi Android untuk menghasilkan foto dan video konten.

Biasanya, saya menggunakan aplikasi CapCut untuk mengedit video sebelum di upload di media sosial, platform online, atau blog. Meskipun kamera bawaan Samsung Galaxy M12 sendiri hanya bisa menghasilkan video dengan kualitas 30 FHD. Dengan modal aplikasi, video yang saya edit bisa menjadi 1080 FHD.

Selama proses editing, tidak ada hambatan yang saya temui. Sebab ponsel ini membekali diri dengan chipset besutan Samsung, yakni Exynos 850. Sehingga tidak ada pengalaman lemot, selama menggunakannya. Selain itu, layarnya sudah mendukung Android 11 dan refresh rate 90 Hz dengan panel PLS IPS.

Sekadar info! brand buah tergigit saja bekerja sama dengan pihak Samsung dalam hal pembuatan layar OLED dan chipset. Jadi, tidak perlu diragukan lagi kemampuan Samsung Galaxy yang dijamin anti lag.

Samsung M12 Kamera Utama

Samsung M12 Mode Portrait

Samsung M12 Kamera Makro

Samsung M12 Mode Panorama

Samsung M12 Kamera Depan

Itulah dua gadget kecintaan saya. Meskipun teman-teman saya menyarankan merek lain dengan spesifikasi lebih tinggi dan harga lebih murah. Namun saya sudah terlanjur puas dengan gadget ini. Karena content writer hanya berkutat dengan kegiatan mengetik, editing foto dan video, serta desain grafis. Tertarik membeli?

Apabila kamu ingin mencari rekomendasi gadget lain untuk content writer dan pekerjaan jenis lainnya. Cobalah simak ulasan gadget di Carisinyal yang dijamin lengkap dan objektif tanpa unsur ‘sponsor’. Sehingga bisa lebih mudah dan terarah dalam menentukan pilihan.

Referensi:

https://carisinyal.com/kelebihan-dan-kekurangan-samsung-galaxy-m12/

https://www.liputan6.com/tekno/read/3028530/samsung-kembali-produksi-chip-untuk-iphone

https://news.detik.com/berita/d-4371993/benarkah-minat-baca-orang-indonesia-serendah-ini

http://tutorial-pcmu.blogspot.com/2015/06/spesifikasi-lengkap-asus-k46ca-notebook-ultra-slim.html

0 komentar