Tatretanan Pendalungan

tari glipang
Foto Tari Glipang (Sumber: probolinggokab.go.id)

Sedulur setretan …

Pendalungan memang istimewa

Tali temali beragam etnis hidup bersama

Tradisi bersatu padu nan menggelora

Membentuk citra dan jati diri Tapal Kuda


Sedulur setretan …

Kami memang Jawa

Rukun agawe santosa, crah agawe bubrah

Tapi janganlah lupa, kami juga Madura

Aeng epeddhang tak apesa


Sedulur setretan …

Tak masalah di pandang sebelah mata

Asal kami damai sentosa

Berbagi darah dan air mata

Mewarisi bunga dan selesa


Sedulur setretan …

Pukau dunia dengan budaya

Glipang, Taropan, dan Kiprah

Bukan Carok, jadi pedoman jiwa

Reggheih oreng, wujud rasa cinta


Sedulur setretan …

Sejuta kata tak mampu menggambarkan

Mari bangga lestarikan Pendalungan

Tebar pesona keberagaman

Harmoni Jawa-Madura yang menawan


*Makna Istilah

Rukun agawe santosa, crah agawe bubrah = kerukunan akan mendatangkan kebaikan dan pertengkaran akan menyebabkan kekacauan

Aeng epeddhang tak apesa =  hubungan persaudaraan yang sangat erat

Carok = bertengkar, istilah stigma bagi Orang Madura

Reggheih oreng = menghargai orang lain


###


Pendalungan adalah sebuah penyebutan atau istilah bagi budaya yang terletak di kawasan Tapal Kuda, Jawa Timur. Daerah Tapal Kuda meliputi Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi.

.

Orang Pendalungan mahir berbahasa Jawa, tetapi juga mampu berbahasa Madura. Dua kebudayaan besar (Jawa dan Madura) ini mengakar membentuk keunikan tersendiri. Hibridisasi budaya Madura tidak selalu berakhir kepada ketidakakuran, misalnya di Sampit. Justru budaya Madura di Tapal Kuda menghasilkan harmonisasi khas Pendalungan. Kata sedulur (Jawa) dan setretan (Madura) memiliki arti yang sama, yaitu satu saudara. Sementara tatretanan menggambarkan persaudaraan antar masyarakat Pendalungan.

.

Tak jarang, orang di luar Tapal Kuda menyebut Orang Pendalungan sebagai ‘Madura Swasta’. Stereotip terhadap Orang Madura dan keturunannya yang berhubungan dengan kekerasan (carok), mengakibatkan banyak Orang Pendalungan yang malu akan budayanya sendiri terutama di kalangan anak muda. Alhasil banyak Orang Pendalungan yang mulai meninggalkan kebudayaan Madura.

.

Padahal sesungguhnya Pendalungan tidaklah identik dengan ucapan dan tindakan kasar. Namun, Pendalungan memiliki kebanggaan atas ragam tradisi dan kearifan lokal yang berbeda dengan daerah Jawa Timur lainnya karena pengaruh Madura. Hal ini dapat terlihat dari bentuk keseniannya, contohnya Glipang, Taropan, dan Kiprah.

.

Ini cara saya untuk merawat kebersamaan, toleransi, dan keberagaman. Bagaimana cara kamu? Kabarkan/sebarkan pesan baik untuk MERAWAT kebersamaan, toleransi, dan keberagaman kamu dengan mengikuti lomba “Indonesia Baik” yang diselenggarakan KBR (Kantor Berita Radio). Syaratnya, bisa Anda lihat di sini (https://indonesiabaik.kbr.id/yuk-ikut-lomba-konten-baik-tentang-keberagaman/).

.

@kbr.id

#IndonesiaBaik

#Toleransi

#IndahnyaKeberagaman

#PenebarKebaikan

#LombaIndonesiaBaikKBR

0 komentar